Kabar Daerah

Tarhib Ramadhan DPD PKS Kota Tangerang bersama Tokoh NU Gus Ramli

PKS Kota Tangerang

Tangerang– DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Tangerang menggelar tarhib Ramadhan pada Sabtu, 27 Maret 2021.

Tarhib Ramadhan sendiri memiliki makna menyambut kedatangan bulan Ramadhan dengan segala kesiapan, keluasan, kelapangan, keterbukaan dan kelebaran yang dimiliki, baik materil maupun spritual, jiwa dan raga serta segala apa yang ada dalam diri kita.

Kegiatan tarhib dilaksanakan secara virtual melalui zoom dan ditayangkan secara live melalui facebook dan youtube PKS Kota Tangerang.

Pada kesempatan itu, Ketua DPD PKS Kota Tangerang Arief Wibowo, S.T., MM ditengah-tengah sambutannya mengatakan bahwa, “DPD PKS memiliki program yang merupakan khidmat kami kepada warga Kota Tangerang. Program tersebut adalah ambulans gratis, hotline fraksi, konseling keluarga dan pendampingan pasien COVID-19. Program ini dapat diakses secara langsung oleh warga Kota Tangerang dengan menghubungi kontak yang telah kami sediakan”.

Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan tarhib ini adalah ajang silaturahim DPD PKS Kota Tangerang dengan warga Kota Tangerang dalam menyambut Ramadhan.

Pemateri tarhib Ramadhan, KH. M Idrus Ramli yang akrab di sapa Gus Ramli pada taujihnya menyampaikan bahwa Ramadhan bukanlah hanya sekedar menahan makan, minum dan hawa nafsu. Ramadhan juga merupakan bulan untuk melatih diri agar meninggalkan perbuatan yang sia-sia dan menghiasi diri dengan perbuatan yang bermanfaat.

Kiyai yang aktif mengajar di pondok pesantren di Sidoarjo itu juga mengingatkan keutamaan dan adab dalam berpuasa. Lebih jauh beliau menjelaskan bahwa Ramadhan erat kaitannya dengan rahmatan lil’alamin.

Kebiasaan masyarakat Indonesia membagi-bagikan takjil saat Ramadhan adalah kebiasaan baik yang seharusnya terus menerus dilakukan meski Ramadhan sudah berakhir. Sebagaimana yang telah Rasulullah sampaikan dalam hadits, “Siapa memberi makan orang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga” (HR. Tirmidzi Ahmad)

Dihadiri lebih dari 200 peserta, tarhib Ramadhan itu berjalan lancar dengan dipandu oleh Danu. Menutup agenda tarhib, Danu mengatakan sudah semestinya kita mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi Ramadhan. Selamat Datang Ramadhan. Selamat Datang bulan penuh rahmat dan ampunan.

(frz)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Back to top button